BerandaEdukasiArus Balik Lebaran: Ditlantas Polda Sulsel Berlakukan Rekayasa Lalulintas Contra Flow

Arus Balik Lebaran: Ditlantas Polda Sulsel Berlakukan Rekayasa Lalulintas Contra Flow

MAKASSAR– Arus balik yang diperkirakan puncaknya Tanggal 6-8 Mari 2022, di sejumlah titik rawan macet yang dilalui masyarakat yang pulang mudik (Arus Balik), Ditlantas Polda Sulsel memberlakukan rekayasa lalulintas, salahsatunya Contra flow.

Sekedar mengingatkan saja, Contra flow adalah sistem pengaturan lalu lintas yang mengubah sebagian arah arus kendaraan di jalan. Sebagai contoh, jalan menunju ke arah timur mengalami kepadatan smeentara jalur ke arah barat masih lengang.

Sebab itu, Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol. Faizal menjelaskan, sistem rekayasa lalulintas contra flow sudah diberlakukan seperti di area Jalan Poros Maros-Bone di Camba, Kappang, Kabupaten Maros.

“Langkah itu dilakukan guna mengurai kedapatan lalu lintas dari arah Kabupaten Bone melalui Camba Kappang, Kabupaten Maros menuju Kota Makassar,” papar Dirlantas Polda Sulsel, Selasa (3/5/22).

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, Ditlantas Polda Sulsel telah memasang tambahan rambu-rambu dan menempatkan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi contra flow.

Selain itu, rekayasa lalulintas dengan sistem buka tutup jalan serta dilakukannya pengalihan arus lalulintas bertujuan untuk mengantisipasi kepadatan yang bisa menimbulkan kemacetan panjang. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Komentar Terbaru