BerandaRagamLibatkan Personil Satlantas, Kapolres Sidrap Bersama Forkopimda Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan...

Libatkan Personil Satlantas, Kapolres Sidrap Bersama Forkopimda Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana

SIDRAP – Dalam rangka upaya penanggulangan bencana alam, Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah. S.I.K bersama Dandim 1420 Sidrap mendampingi Wakil Bupati Sidrap pimpin apel gelar pasukan di Lapangan SKPD, Kecamatan Watang Pulu, Kab. Sidrap, Kamis (17/11/2022).

Kegiatan apel gelar pasukan yang juga melibatkan personil Satlantas tersebut diikuti oleh personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes, Damkar, BPBD, Dinsos, Tagana, PMI dan tim relawan bencana alam.

Mengawali sambutannya, Wakil Bupati Sidrap Ir. H. Mahmud Yusuf mengatakan, kegiatan apel gelar pasukan tersebut bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dalam rangka mitigasi dan kesiapsiagaan demi menghadapi bencana alam di wilayah Kab. Sidrap.

“Berdasarkan kondisi cuaca dan iklim serta jumlah kejadian bencana yang terjadi di Kab. Sidrap akhir – akhir ini, Pemerintah Daerah telah menyusun rencana termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan untuk penanggulangan bencana alam secara optimal,” kata Wakil Bupati

Lebih lanjut, beliau berharap melalui kegiatan apel gelar pasukan dan perlengkapan dapat meningkatkan peran serta semua elemen masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam.

“Bencana alam dapat terjadi sewaktu – waktu, untuk itu pentingnya kerja sama dan peran serta semua elemen masyarakat sangat diperlukan. Dengan menjaga lingkungan tetap bersih dari sampah, berarti kita sudah berpartisipasi mencegah timbulnya bencana alam,” ujarnya dalam sambutan kepada peserta apel.

Hal senada juga diungkapkan Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah. S.I.K bahwa pelaksanaan apel gelar pasukan ini merupakan sinergi dalam upaya mengantisipasi sedini mungkin, terhadap kemungkinan terjadinya potensi bencana alam di Wilayah Sidrap.

“Potensi terjadinya bencana alam di wilayah Kab. Sidrap tergolong cukup tinggi seperti tanah longsor, banjir, puting beliung, karena wilayah Kab. Sidrap sebagian merupakan pegunungan dan sebagian danau,” ungkap Kapolres Sidrap.

Melalui pendekatan secara preventif kepada masyarakat, dan menyiapkan sarana dan prasarana yang ada, harapannya semua dapat berperan aktif dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam.

“Kami melakukan pengecekan secara berkala terhadap semua perlengkapan dan peralatan, sehingga dapat berfungsi dengan baik pada saat dibutuhkan. Selain itu, kami juga menyiapkan personil secara intensif agar siap dan tanggap dalam penanggulangan bencana alam,” pungkas Kapolres. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Komentar Terbaru