BerandaProfileSimak Perubahan Tampilan Garis Merah Berubah Putih pada Kendaraan Patwal Polantas

Simak Perubahan Tampilan Garis Merah Berubah Putih pada Kendaraan Patwal Polantas

MAKASSAR– Kalau melihat sepintas kendaraan dinas patroli milik kepolisian lalulintas (Polantas), baik sepeda Motor maupun mobil patroli pengawal (Patwal), bakal terlihat adanya perbedaan.

Livery (keseragaman) perubahan motif garis tersebut, sudah dilakukan oleh seluruh kepolisian lalulintas jajaran Polda masing-masing, pasca peluncuran perubahan tampilan baru, pada apel Operasi Patuh 2022 lalu.

Demikian halnya pada kepolisian lalulintas jajaran Polda Sulsel, tampak sudah serentak melakukan perubahan garis merah dengan tetap menggunakan dasar warna biru bergaris putih.

Hal tersebut dibenarkan oleh Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol. Faizal, Sabtu (25/7/22).

Meski tidak warna dasarnya masih didominasi warna biru, ada perbedaan yang cukup mencolok dari tampilan kendaraan patwal sebelumnya.

Yakni, terletak pada garis yang semula berwarna merah, kini menjadi warna putih.

Tampak, warna merah yang awalnya dominan mencolok menjadi nihil pada livery baru kendaraan patwal tersebut.

Jika menelisik tujuan dikakukannya perubahan garis pada kendaraan Patwal lalulintas tersebut, seperti yang dikatakan Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi, tujuannya untuk memudahkan menggunakan rambu perintah jika ada keadaan yang mendesak.

Pada garis warna putih untuk rambut perintah jadi ini kendaraan bisa dimanfaatkan ketika ada jalan yang tertutup apakah karena kecelakaan atau kepadatan.

Lalu, warna putih dinilai cocok untuk memberi arahan serta perintah rambu lalu lintas.

Alasan menggunakan garis warna putih, sebab warna merah itu warna untuk perambuannya, warna kuning itu peringatan, jadi kalau ada tanah longsor, tanjakan turunan warna dasarnya kuning. Lalu lambang warna hitam itu peringatan. Nah, kalau warna putih ini cocok untuk rambu. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Komentar Terbaru