BerandaHukumUrai Kemacetan Arus Balik Lebaran, Dirlantas Polda Sulsel Minta Ikuti Arahan Petugas

Urai Kemacetan Arus Balik Lebaran, Dirlantas Polda Sulsel Minta Ikuti Arahan Petugas

MAKASSAR– Usai melayani arus mudik Idul Fitri 1443 H Tahun 2022, tentunya petugas kepolisian, khususnya lalulintas yang bertugas di seluruh Pos Operasi Ketupat Pallawa 2022 di Sulsel, meningkatkan pelayanan pada pemudik yang akan pulang (arus balik).

Direktur Lalulintas Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Dirlantas Polda Sulsel) mengaku, hingga saat ini, personel yang ditugaskan masing-masing pos, baik pada pos pelayanan maupun pos pengamanan Operasi Ketupat Pallawa 2022, tetap siaga dan sigap melayani.

Untuk itu, dalam menghadapi puncak arus balik yang diprediksi Tanggal 6 hingga Tanggal 8 Mei 2022, Ditlantas Polda Sulsel bakal menggelar atau menempatkan personel di seluruh titik atau simpul kemacetan yang sudah ditetapkan.

“Seluruh personel yang ditugaskan masing-masing pada Pos Operasi Ketupat Pallawa 2022, akan berkonsentrasi pada simpul-simpul kemacetan yang sudah dipetakan, guna mengantisipasi kepadatan kendaraan,” tegas Kombes Pol. Faizal, Selasa (3/5/22).

Rencananya, Ditlantas Polda juga bakal melakukan rekayasa lalulintas untuk mengantisipasi kepadatan arus lalulintas dan antisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas (lakalantas).

“Ada tiga tehnis rekayasa lalu lintas akan dilakukan menghadapi arus balik. Seperti buka tutup jalan, pengalihan arus lalulintas dan Contra Flow untuk mengurai kepadatan maupun pembatasan kendaraan,” tambah Dirlantas Polda Sulsel.

Terkait kesiapan personil, mantan Dirlantas Polda Sultra ini mengakui akan dilakukan peningkatan Patroli yang menggunakan mobil dan sepeda motor dinas, guna melayani masyarakat yang balik dari mudik.

“InsyaAllah, petugas di lapangan setiap saat akan memberikan pelayanan. Selain di Pos Pelayanan maupun Pos Kemanan, kita memperkuat patroli ke wilayah rawan macet yang dilalui pemudik yang balik,” ucapnya.

Kepolisian juga kata Dirlantas Polda Sulsel, menghimbau kepada seluruh masyarakat yang balik, untuk tetap patuh aturan lalulintas dan himbauan petugas di lapangan.

“Kita berharap pengendara yang balik dari kampung, untuk tetap mengikuti himbauan petugas. Karena personel kepolisian akan melakukan penambahan rambu-rambu lalulintas dalam.mengurai kemacetan yang diprediksi akan terjadi pada arus balik tersebut,” titip Kombes Pol. Faizal..(*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Komentar Terbaru